Senin, 27 Februari 2023

Harus mulai darimana ya?,

Mungkin harus ,dimulai dari hasil uji ilmu psikologi dan sosial dulu kali ya supaya tulisan ini lebih bisa ditanggung jawabkan. Dari seseorang yang lulusan psikologi mengatakan bahwa kondisi sosial dalam sebuah Dept dalam perusahaan tidak baik jika hanya diisi dari lingkungan yang sama. Dalam hal ini lingkungan yang sama bisa diartikan berasal dari daerah yang sama seperti dari Universitas yang sama(alumni), suku, tempat bekerja yang sebelumnya dsb. Karena akan dikhawatirkan terjadi masalah sosial seperti senioritas, dominasi terhadap yang minoritas dan sebagainya.

Begitupula yang terjadi ditempat kerja saya yang baru. Memang baik jika kita bisa merekrut orang yang telah kita kenal kapasitas dan kemampuannya dan itu tidaklah menjadi suatu masalah. Tetapi hal ini bisa menjadi kendala pada sebuah dept, jika kedekatan tersebut akhirnya membuat kita mengasingkan diri dari yang lainnya. Alih-alih terbuka dengan yang lain akhirnya malah menutup pada personil yang lain.

Ternyata kondisi sosial seperti ini telah dikaji dalam sebuah hadis dibawah ini :

وَعَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ – رضي الله عنه -قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم: «إِذَا كُنْتُمْ ثَلَاثَةً فَلَا يَتَنَاجَى اثْنَانِ دُونَ الْآخَرِ حَتَّى تَخْتَلِطُوا بِالنَّاسِ، مِنْ أَجْلِ أَنَّ ذَلِكَ يُحْزِنُهُ». مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ، وَاللَّفْظُ لِمُسْلِمٍ.

Dari Ibnu Mas’ūd RA, beliau berkata: Rasulullah ﷺbersabda, “Jika kalian bertiga, maka janganlah dua orang berbicara/berbisik-bisik berduaan sementara yang ketiga tidak diajak, sampai kalian berbaur kembali dengan manusia. Karena perbuatan ini akan membuat orang yang ketiga tadi bersedih.” ([1])

Penting bagi kita dalam sebuah tim untuk bisa merangkul semua personil. agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan. 


Source hadis :

https://bekalislam.firanda.com/6283-larangan-berbisik-antara-dua-orang-ketika-sedang-bertiga-hadis-4.html




Tidak ada komentar:

Diputar kembali

Kadang diatas kadang dibawah, sesaat kita berada dibawah rindang pohon tak terasa matahari bergulir dan kita mendapati sinarnya menerpa pana...